Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Berhasil Open Shop di Creative Market

 

Cara Berhasil Open Shop di Creative Market

Creative Market, salah satu tempat untuk menjual desain secara online. Ini sedikit berbeda dengan microstock seperti shutterstock, adobestock, freepik atau sejenisnya.

Creative Market ini bisa dibilang marketplace. Salah satu perbedaan antara microstock dan marketplace ini adalah di marketplace kita bisa menentukan harga jual dari setiap produk desain kita, sedangkan microstock tidak.

Ada beberapa marketplace yang paling populer, diantaranya ada Creative Market, Design Bundles, Creative Fabrica, Envato, Graphic River (salah satu anak dari Envato).

Mungkin masih banyak yang masih berjuang dan bingung untuk bisa membuka toko atau open shop di Creatice Market maupun di marketplace lainnya. Ya memang untuk bisa openshop di marketplace tidak mudah. Tidak mudah bukan berarti sulit yak. Karena di marketplace ada seleksi kualitas desain yang akan dijual.


Kenapa Ingin Open Shop di Creative Market?

Sebelum ke pembahasan cara berhasil atau approved open shop di Creative Market, mungkin ada pertanyaan yang harus disampaikan, yaitu kenapa harus menjual desain di Creative Market?

Apabila alasan utama untuk open shop di Creative Market adalah untuk mendapatkan uang secara mudah dan cepat, mungkin harus berpikir ulang atau bahkan mengurungkan niatnya untuk open shop disini. Karena ini tidaklah mudah, yang ketika kita submit desain dalam beberapa hari langsung laku. :D

Akan butuh waktu sedikit lama atau bahkan lama untuk dapat penjualan pertama. Tentu saja hal itu dapat juga sih dicari cara untuk mempercepat produk kita laku, yaitu riset pasar dan tentu saja kualitas desain yang bagus. Walaupun desain bagus itu seperti apa, tentu saja ini bisa menjadi perdebatan yak? :D

Tetapi bagi yang memang suka dengan dunia desain, maka Creative Market memang pantas untuk dicoba. 

Cara Approved Open Shop di Creative Market

Cara yang akan saya sampaikan ini tidak hanya untuk daftar di Creative Market saja ya, karena bisa juga diterapkan di marketplace lain, karena sistemnya hampir sama saja.

Oke, berikut ada tips dari saya agar berhasil open shop di Creative Market.

1. Membangun Portofolio Yang Bagus

Ini adalah salah satu yang harus diperhatikan, yaitu portofolio yang bagus. Untuk isi dari portofolio ini, usahakan untuk menampilkan desain desain yang paling bagus, dan juga akan lebih bagus lagi juga ditampilkan progress pembuatan dari setiap desain. Disamping itu juga usahakan untuk menampilkan beberapa desain dengan satu tema terlebih dahulu, jadi bukan desain dengan tema yang campur aduk.

Salah satu tempat untuk membangun portofolio yang bisa digunakan diantaranya Behance atau Dribble. Kadang menggunakan link ke akun microstock bisa juga sih :D

2. Presentasi

Ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin pertama tadi. Presentasi ini adalah kunci agar orang lain bisa tertarik dengan desain kita.

Salah satu hal terpenting dari desain adalah thumbnail atau preview. Thumbnail atau preview ini malah sepertinya lebih penting daripada "daleman" dari desain itu sendiri.

Disamping itu juga berikan deskripsi selengkap mungkin di setiap desain. Hal ini untuk menjelaskan fungsi dari desain tersebut bisa digunakan untuk apa saja.

3. Kualitas Desain

Ini sangat penting, tetapi memang untuk hal satu ini selalu menjadi perdebatan tentang desain yang berkualitas dan yang tidak. Walaupun bisa diperdebatkan, bukan berarti kita bisa asal-asalan dalam membuat desain.

Kalau saya sendiri lebih mengedepankan desain yang berbeda dari yang lain, atau bisa diartikan desain yang unik. Karena desain mau "mewah" kalau sudah banyak yang bikin ya sama aja tidak ada sisi menariknya. :D

Untuk jumlah desain yang ditampilkan di portofolio ini tidak harus banyak, dibawah 10 pun tidak masalah, yang penting berkualitas.

Sepertinya hanya 3 poin itu saja sih yang harus diperhatikan agar bisa diterima di Creative Market atau marketplace lainnya. Terima kasih :)


Posting Komentar untuk "Tips Agar Berhasil Open Shop di Creative Market"