Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Microstock Dan Apakah Bisa Menghasilkan Uang?

Apa itu microstock

Bagi orang yang bergerak dibidang fotografi atau desain grafis mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya microstock. Microstock sendiri sudah ada sejak tahun 2003, tetap masih banyak yang belum tahu apa itu microstock.

Di negara kita, microstock baru trend sekitar 2 tahun terakhir dan semakin banyak yang menjadi kontributor di situs-situs microstock setahun belakangan. Mungkin karena efek WFH jadi banyak waktu luang kali ya. :D

Pengertian Microstock

Definisi microstock pada dasarnya adalah salah satu tempat atau situs yang berfungsi untuk menjual hasil karya mereka. Jadi ini lebih mirip seperti online shop cuma bedanya adalah kalau di microstock biasanya yang dijual adalah foto, vector, footage tergantung dari situs microstock tersebut.

Oh iya, walaupun ini seperti online shop tapi untuk penentuan harga jual karya ditentukan oleh si pemilik microstock atau microstock agency dan ada pembagian royalti tentunya.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah:

Apakah bisa menghasilkan uang di microstok?

Jawabnya bisa.

Apakah bisa menghasilkan banyak uang?

Jawabnya bisa iya bisa tidak. Tergantung seberapa laku karya anda di beli.

Berarti harus mahir desain atau pintar fotografi?

Tidak harus. Karena banyak juga sebenarnya yang bisa menghasilkan uang malah justru desain-desain yang sederhana dan foto yang sepertinya cenderung tidak kita kira bakal laku malah ternyata laris terjual.

Bagi yang belum paham cara kerja microstok, maka berikut penjelasan sederhananya:

  1. Kamu harus sudah mendaftar di microstock agency.
  2. Setelah terdaftar tentunya kamu harus mengupload hasil karyamu, bisa dalam bentuk file JPG, AI, PSD, MP4 atau MOV tergantung dari microstock agency yang kamu ikutin.
  3. Setelah upload hasil karya, maka pihak microstock agency akan mereview kelayakan karya kamu. Ini tentunya di beda microstock agency akan berbeda standar ya
  4. Setelah hasil karyamu di setujui para reviewer, maka karyamu akan di publish. Dan tentunya nanti apabila ada yang tertarik membeli karyamu maka pengunjung tersebut akan membeli dengan cara mendownload gambar atau desain kamu.


Berapa sih penghasilan yang di dapat sekali karyamu laku? Di tahap awal biasanya harga per download hanya sekitar 0.1 dollar, atau bahkan ada yang hanya 0.0x dollar, karena disetiap situs microstock berbeda-beda harganya.

Sangat kecil bukan?

Iya, tentunya kalau dihitung hanya terjual satu maka terhitung sangat kecil. Tetapi jangan salah, karena bisa saja 1 foto/vector di download atau laku beberapa kali loh.

Jadi bila di asumsikan karyamu dibeli 1000 kali maka tinggal dikalikan saja dengan penghasilan per 1 download.

Tentu hal tersebut hanya hitungan dasar saja ya, jadi tidak bisa menjadi acuan berapa hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

Metode pembayaran di microstock

Untuk pembayaran di microstock, ada beberapa macam yang bisa digunakan, karena setiap microstock agency memiliki aturan yang berbeda.

Tetapi pada umumnya yang sering digunakan sebagai metode pembayaran ketika ingin mencairkan hasil dari microstock adalah menggunakan Paypal, Payoneer atau langsung ke rekening bank.

Itulah ulasan sederhana seputar apa itu microstock. Bagi yang tertarik menjadi microstocker atau kontributor, maka kamu bisa baca tentang situs-situs microstock paling menjanjikan di tahun 2021 ini.

dekjoko.com
dekjoko.com Penulis di www.dekjoko.com, salah satu blog yang membahas tentang tutorial pc, android, drama korea, film dan lainnya.

Posting Komentar untuk " Mengenal Apa Itu Microstock Dan Apakah Bisa Menghasilkan Uang?"