Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui, 7 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit


Ketika membahas populasi suatu negara, yang paling sering diperbincangkan adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Ya, karena negara dengan penduduk terbanyak merupakan negara-negara dengan luas wilayah yang besar pula.

Seperti kita tahu, bahwa negara kita ini masuk dalam 4 besar negara yang penduduknya terbanyak dibawah China, India dan Amerika Serikat.

Tetapi bagaimana, kalau disuruh menyebutkan 3 negara saja dengan penduduk paling sedikit di dunia tahu tidak? Mungkin akan sedikit kesulitan ya.

Untuk itu, biar wawasan sedikit bertambah, yuk belajar bareng di sini untuk mengetahui negara dengan jumlah penduduk terkecil. Ada negara mana saja itu? Yuk lihat daftarnya berikut ini

Vatican City


Yang pertama ada Vatican City atau Kota Vatikan. Ini merupakan sebuah negara enklave, yang artinya negara yang dikelilingi atau didalam wilayah negara lain.

Iya, karena Kota Vatikan berada di kota Roma, Italia.

Kota Vatikan masuk di daftar negara dengan penduduk paling sedikit, karena menurut data di tahun 2019 Kota Vatikan memiliki jumlah penduduk sekitar 800 jiwa.

Ini sangat wajar juga, karena selain memiliki jumlah penduduk sedikit, Kota Vatikan hanya memiliki luas wilayah sekitar 49 hektar (ha).

Tuvalu

Tuvalu - Funafuti - Beach

Selain terdaftar dalam negara dengan penduduk paling sedikit, Tuvalu juga ternyata masuk daftar negara dengan luas wilayah paling kecil.

Negara yang terletak di antara Hawai dengan Australia ini memiliki luar wilayah sekitar 2590 hektar atau 25,9 kilometer persegi.

Jumlah penduduk di Tuvalu menurut data terakhi yang diambil dari worldometers.info ada sekitar 11,766 jiwa.

Nauru


Republik Nauru ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Pulau Pleasant dimana ini merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Mikronesia, Pasifik Tengah.

Pusat pemerintahan ada di Distrik Yaren, tetapi ini sebenarnya tidak memiliki ibukota resminya loh. Jadi sementara ini Distrik Yaren dianggap sebagai ibukotanya (secara de facto).

Dengan luas wilayah sekitar 21 kilometer persegi, Nauru memiliki jumalah penduduk sekitar 12 ribu jiwa pada 2019.

Palau


Republik Palau merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik, yaitu 200 km di sebelah utara provinsi Papua Barat.

Menurut yang dilansir di Wikipedia, Republik Palau sendiri merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat.

Negara dengan luas 458,5 kilometer persegi ini memiliki jumlah penduduk sebesar 18.079 jiwa. Data ini bersumber dari worldometer.

San Marino


Republik San Marino terletak di Italia. Sepertinya mirip Vatican letaknya, karena San Marino dikelilingi beberapa provinsi di Italia.

Negara terkecil ke lima di dunia ini memiliki luas 61,2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 33.919 sampai saat ini (28 April 2020)

Liechtenstein


Liechtenstein adalah sebuah negara yang terletak diantara Austria dan Swiss. Bahkan menurut Wikipedia, segala urusan luar negeri negara Liechtenstein ini diurus oleh Swiss.

Negara satu ini memiliki luas wilayah yang terbilang cukup kecil yaitu 160 kilometer persegi.

Negara yang cukup terkenal dengan jasa perbankannya ini sampai bulan April 2020 ini memiliki jumlah penduduk 38.109 jiwa.

Monaco


Monaco / Monako merupakan sebuah negara yang memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional (kerajaan). Negara ini terletak berbatasan dengan Prancis dan berdekatan dengan Italia.

Negara ini juga termasuk yang terkecil loh, karena memiliki luas wilayah hanya sebesar 2,02 kilometer persegi.

Dengan jumlah penduduk sebanyak 39.194 jiwa di bulan April 2020 membuat negara ini masuk dalam 7 besar negara dengan jumlah penduduk terkecil di dunia.


Itulah 7 negara yang paling sedikit penduduknya di dunia. Semoga bermanfaat.
dekjoko.com
dekjoko.com Penulis di www.dekjoko.com, salah satu blog yang membahas tentang tutorial pc, android, drama korea, film dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Ketahui, 7 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit"