Mengatasi Zenfone Max Pro M1 Freeze Dan Mati Saat Main Game - Dekjoko.com
Positif

UPDATE TERKINI COVID-19 INDONESIA

POSITIF, SEMBUH,
MENINGGAL

Update Hari ini:

Mengatasi Zenfone Max Pro M1 Freeze Dan Mati Saat Main Game


Mengganti Rom atau Custom Rom di hp memang akan membuat ketagihan untuk terus mencoba Rom lain. Sama halnya dengan pengguna Hp Asus Zenfone Max Pro M1.

Ya memang dengan mengganti custom Rom kita akan merasakan perbedaan di ponsel kita, baik dari segi performa, tampilan, tingkat keiritan baterai dan sebagainya. Dan memang tidak dipungkiri bahwa developer custom rom bisa menghasilkan Rom yang lebih baik dari pada stock Rom.

Untuk itu orang akan mencoba Rom mana yang cocok untuk digunakan tergantung untuk kebutuhan masing-masing. Bagi pengguna harian untuk sosial media dan aplikasi-aplikasi ringan mungkin akan mencari Rom yang memiliki ketahanan baterai dan tampilan yang keren, beda lagi dengan yang untuk main game, maka akan mencoba Rom terbaik untuk game yang ringan, stabil dan lainnya.

Tetapi, banyak kita temui yang mengeluhkan masalah hp Zenfone Max Pro M1 setelah custom Rom tertentu (maaf tidak menyebutkan nama ROM untuk menghormati developer) yaitu hp mendadak freeze atau mati sendiri setelah beberapa saat digunakan, dan yang paling sering adalah saat main game yang akan mengalami hal tersebut.


Solusi Zenfone Max Pro M1 Freeze/Mati Sendiri


Nah ternyata untuk mengatasi masalah hp Max Pro M1 yang sering mati freeze dan kemudian mati sendiri itu cukup mudah loh sobat. Karena cara ini sudah saya praktekkan dan ternyata berhasil.

Hp sering mati sendiri saat main game ini konon katanya karena ada salah satu sensor yang mati yaitu Orientation Sensor saat penggunaan custom rom tertentu. Nah untuk itu caranya adalah dengan flash persist lewat TWRP.

Sebelum melakukan flash file persist sebaiknya kalian install Sensor Box For Android terlebih dahulu yang bisa kalian temukan di playstore. Hal ini untuk mengetahui dan membuktikan bahwa sebelum dan sesudah flash persist ada perubahan pada sensor tersebut.

Cara mengetahui sensor mana yang mati/tidak aktif adalah
  • Buka Sensor Box fo Android yang sudah kalian install
  • Pilih Orientation Sensor


  • Gerak-gerakkan hp maka sensor seharusnya bergerak-gerak.

  • Sensor mati/tidak aktif


Apabila saat hp digoyang/digerakkan tetapi sensor tidak ikut bergerak, maka itu tandanya sensor orientasi mati. Jadi kalian harus melanjutkan ke step berikut, yaitu flash file persist.

Langkah flash persist lewat TWRP

  1. Download file persist.zip
  2. Matikan hp, kemudian masuk mode TWRP dengan menekan tombol power bersamaan tombol volume bawah secara bersamaan sampai hp bergetar kemudian lepaskan.


  3. Di TWRP, pilih Mount kemudian centang Mount dan System


  4. Kemudian pilih Install, cari dan pilih file persist kemudian Swipe untuk melakukan install


  5. Tunggu sampai selesai.
  6. Setelah selesai pilih Wipe Dalvik & Cache >> Swipe
  7. Reboot System

Maka setelah flash file persist ini ketika di cek lewat aplikasi Sensor Box for Android maka Sensor Orientation akan aktif seperti pada gambar berikut ini.


Sampai tahap ini sudah selesai. Semoga hp Zenfone Max Pro M1 sudah tidak mati-mati sendiri saat digunakan. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Zenfone Max Pro M1 Freeze Dan Mati Saat Main Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel