Bahasa Gaul Jaman Sekarang Dari Bucin Sampai Kuy Lah - Dekjoko.com

Bahasa Gaul Jaman Sekarang Dari Bucin Sampai Kuy Lah


Setiap jaman dikalangan anak muda mengalami banyak perubahan termasuk bahasa. Bahasa gaul pun ikut berkembang, dimana akan muncul kata-kata baru yang ketika dicari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tidak ditemukan.

Mungkin anak muda jaman sekarang tidak tahu apa itu arti kata spokat, yongkru, atau madol atau kata-kata gaul lainnya yang populer di era 90 an. Tetapi remaja-remaja 90 an mungkin tidak tahu juga dengan istilah kuy lah, santuy, nolep dan sebagainya.

Walaupun banyak juga istilah-istilah lama seperti kata bokek, bokap, nyokap dan lainnya masih digunakan juga di jaman sekarang

Era dimana orang banyak menghabiskan waktunya di sosial media seperti sekarang ini, maka bahasa-bahasa gaul sangat cepat berkembang.

Mau tau bahasa gaul anak-anak jaman sekarang?


Berikut ini saya akan membagikan kumpulan kata gaul yang sering digunakan di sosial media beserta artinya.

Tuman

Tuman artinya kebiasaan yang dilakukan secara berulang.

Santuy

Nah pasti kalian sering banget denger atau baca kata santuy di sosial media. Santuy merupakan plesetan dari kata santai. "Gak usah buru-buru, santuy aja gaes"

Ngegas

Ngegas ini artinya bernada tinggi, nyolot, marah. Kata ngegas diambil dari ketika berkendara dan tarik gas maka suara kendaraan akan kencang. Jadi ketika orang tiba-tiba tersinggung atau marah dan berkata dengan nada tinggi terus disebut ngegas. "Jangan ngegas napa, santuy aja kali"

Gaskeun

Masih berhubungan dengan gas kendaraan lagi nih ya. Gaskeun berasal dari kata gas dan keun. Keun dalam bahasa Sunda artinya biar, gas maksudnya jalan atau biar melaju cepat. Gaskeun bukan berarti biar jalan, akan tetapi ayo dijalankan, atau ayo kerjakan atau bisa jadi ayo buruan.

Kuy

Kuy lah, pasti sering dengar kata ini ya. Kuy asal kata dari yuk yang berarti ayo. "Udah siap jalan nih, kuy lah"

Nolep

Kata ini sering kita baca di komentar sosial media ketika tahu ada orang lain bisa melakukan aktivitas yang dianggap "tidak bermanfaat" secara berlebihan, misalnya main game, nonton film atau anime berjam-jam.

Nah nolep sendiri berasal dari bahasa asing yaitu no live, yang bisa berarti tidak mempunyai kehidupan atau bisa diartikan tidak memiliki tujuan hidup.

Orang-orang nolep memiliki ciri-ciri seperti, menyendiri dikamar, tidak bersosialiasi, asik dengan aktivitas sendiri dalam waktu yang lama.

Tercyduk/terciduk

Dalam bahasa jawa ciduk artinya gayung. Ciduk inilah wadah untuk membasahi tubuh saat mandi. Ketika tercyduk menjadi bahasa gaul artinya adalah tertangkap basah.

Jones

Jones merupakan singkatan dari jomblo ngenes. Orang biasanya dikatakan jones ketika tidak memiliki pasangan dalam jangka waktu lama. Hayo siapa yang jones nih? :D

Unfaedah

Faedah artinya bermanfaat, sedangkan unfaedah artinya tidak bermanfaat. Penambahan un adalah memberikan makna negatif atau makna sebaliknya seperti dalam kata kerja dalam bahasa Inggris.

B ajah

Ini kata juga sering muncul, b ajah atau kadang orang cuma nulis b. Kepikiran tidak itu artinya apaan ya? Ternyata artinya "B" adalah biasa. B ajah berarti biasa saja.

Saik

Saik artinya adalah asik. Contoh kalimatnya "eh main ke sana kuy, saik banget tempatnya"

Bais

Bais dalam bahasa gaul artinya abis atau habis. Contoh kalimat anak gahoolnya " Sory semalem lagi saik telp tiba-tiba pulsa bais"

Kepo

Tahu tidak kalau sebenarnya Kepo merupakan singkatan dari Knowing Every Particular Object? Jadi kepo merupakan sebutan untuk orang yang serba ingin tahu terhadap suatu hal.

Pecah

Pecah padahal berarti terbelah menjadi beberapa bagian. Tetapi lain halnya dengan anak-anak gaul, sebutan kata pecah akan berarti luar biasa, keren, hebat, menakjubkan.

Anjay/anjir/njir

Kalau kata ini merupakan salah satu kata umpatan yang berasal dari kata anj1ng. Walaupun sebenarnya kata anjay, anjir atau njir berarti sial, sialan, atau dalam bahasa jawa bisa berarti asem tetapi kalian harus hati-hati menggunakan kata tersebut ya.

Mager

Mager dari kata malas gerak. Kata mager sendiri sebenarnya udah ada sejak beberapa tahun lalu, tetapi masih sering digunakan sebagai bahasa sehari-hari anak-anak gaul.

Netizen +62

Kode +62 merupakan kode telepon negara Indonesia, jadi artinya netizen +62 berarti warganet Indonesia. Kata ini sering digunakan ketika menyindir kelakuan seseorang atau kelompok tertentu di sosial media karena perilaku yang dianggap menyimpang atau kurang baik.

Mantul

Mantul merupakan singkatan dari mantap betul. Kata ini sering banget nih kita dengar di televisi atau di youtube kan. Bahkan tidak hanya anak muda saja, orang tua sampai seorang pejabat pun juga menggunakan kata mantul loh.

Wibu

Pernah dipanggil wibu?atau memanggil teman kalian dengan sebutan wibu? Sebenarnya apa sih wibu itu?

Wibu berasal dari istilah bahasa Inggris "weaboo" yang bagi orang-orang Indonesia menyebutnya menjadi wibu. Weaboo maksudnya adalah seseorang yang terobsesi terhadap budaya Jepang dan bahkan berperilaku seolah mereka adalah orang Jepang.

Jadi orang yang sering baca komik atau nonton anime belum tentu seorang wibu.

Bucin

Bucin adalah kepanjangan dari budak cinta yang diucapkan anak jaman sekarang untuk menyebut seseorang yang mau melakukan apa saja demi cinta..cieeee..

Itulah beberapa kata-kata gaul yang sering diucapkan anak-anak di jaman sekarang. Lumayan buat tambah-tambah referensi biar ikut gahool gitu. :D
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Gaul Jaman Sekarang Dari Bucin Sampai Kuy Lah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel