BLANTERVIO103

Mengatasi Notifikasi Ads.txt Google Adsense Tidak Hilang

Mengatasi Notifikasi Ads.txt Google Adsense Tidak Hilang
10/09/2019
Cara mengatasi masalah notifikasi dari Google Adsense yang kurang lebih isinya seperti ini

"Penghasilan Anda Beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayangan adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."


Entah kenapa semakin kesini para blogger khususnya yang menjadi publisher Adsense dihadapkan berbagai masalah dari yang adanya pembatasan iklan yang serasa "tidak jelas duduk permasalahannya" seperti yang terjadi pada akun Adsense saya >.< serta adanya peringatan pemasangan ads.txt.

Tetapi untuk ads.txt ini memang bertujuan dan digunakan untuk memverifikasi bahwa suatu website tersebut adalah mitra resmi dari Google Adsense, sehingga akan meningkatkan kepercayaan dari para advertiser atau pihak pengiklan.


Dampak Notifikasi Ads.txt

Bagi pemilik website entah dengan platform blogger, wordpress atau lainnya seolah"diwajibkan" memasang file ads.txt di situs kita apabila sudah mendapatkan notifikasi tentang ads.txt ini.

Karena apa? Karena apabila hal ini dibiarkan untuk tidak dipasang maka akan berdampak iklan yang tidak tayang di blog kita.

Yah, ads.txt memang merukapan kebijakan dari IAB (Interactiver Advertising Bureu) atau semacam badan yang mengatur periklanan untuk melindungi pengiklan dan penayang iklan, jadi bukan dari pihak Google Adsense sendiri. Hanya saja, Google Adsense mengadopsi dari kebijakan tersebut.


Cara Mengatasi Dan Memasang Ads.txt di Blogger

Bagi pemilik blog dengan platform blogger, dalam pemasangan ads.txt ini cukup mudah, kita tidak perlu membuat file khusus dan upload file ads.txt tersebut karena sudah tersedia di pengaturan blogger.

Hanya saja perlu ada pengaturan tambahan yang harus dilakukan. Bagi kamu yang masih bingung cara pasangnya, simak langkah berikut ini.

1. Masuk ke dashboard Adsense masing-masing.
2. Klik Perbaiki Sekarang pada peringatan "Penghasilan Anda Beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayangan adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."


3. Download file ads.txt
4. Langkah selanjutnya adalah pemasangan kode dari ads.txt di blogger, yaitu dengan masuk ke dashboard Blogger
5. Pilih Setelan => Preferensi penelusuran
6. Di bagian Monetisasi ( Bilah kanan paling bawah) klik Edit dan pilih Ya untuk mengaktifkan


7. Copy isi dari ads.txt yang kita download dari adsense tadi dan paste di kolom ads.txt kustom pada blogger tersebut.
Copy kode ads.txt

Paste kode ads.txt

8. Klik Simpan perubahan

Sampai disini tahap pemasangan ads.txt pada blog sudah selesai. Apabila notifikasi pada Adsense tetap masih muncul tidak perlu panik, biarkan saja, karena nanti akan hilang dengan sendirinya apabila kalian sudah memasang ads.txt tersebut.

Bagi yang tidak mendapatkan notifikasi di Adsense dan ingin memasang kode ads.txt maka caranya adalah dengan pasang kode dibawah ini dan lakukan seperti langkah 4-8.
google.com, pub-1234567898765432, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ubah kode 1234567898765432 diatas dengan kode adsense kalian. Kode pub ini sama saja dengan kode pub yang ada di unit iklan adsense kalian. Atau bisa juga mengambil di pengaturan google adsense masing-masing.

Notifikasi Ads.txt Adsense Tidak Hilang

Apabila setelah pemasangan ads.txt di setelan blogger tetapi sampai berhari-hari atau seminggu lebih notifikasi tidak hilang, coba ubah pengaturan pada robots.txt agar halaman ads.txt dapat di crawl oleh robot google.

Cara setting robots.txt di blogger

  • Masuk ke blogger
  • Pilih Setelan => Preferensi penelusuran => robots.txt khusus
  • Aktifkan robots.txt, dan isi code seperti berikut:
  • User-agent: *
    Allow: /
    Disallow: /search
    
    Sitemap: https://www.dekjoko.com/sitemap.xml

    Ubah dengan alamat blog sobat pada ada tulisan wwww.dekjoko.com
  • Klik Simpan perubahan
  • Kemudian aktifkan juga pada bagian Tag tajuk robot khusus seperti gambar berikut

  • Klik Simpan perubahan
  • Selesai


Sekian dari dekjoko.com, terima kasih. Apabila ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman tentang masalah ini, kalian bisa meninggalkan pesan di kolom komentar.
Share This Article :
dekjoko.com

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

  1. mas mau nanya,
    kbeteulan template yangs aya gunakan juga sama, tp saya ada kendala dengan memunculkan recent post nya mas.

    jika berkenan, mohon arahannya mas di
    https://www.awezet.com/

    terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya cuma masalah kurang tanda / dibelakang url aja mas pas bagian var recent_post = 'https://www.namadomain.com/'; // Recent Post URL

      Hapus
2054166084088412330