BLANTERVIO103

Cara Mengganti Package Name Pada Project Android Studio

Cara Mengganti Package Name Pada Project Android Studio
9/22/2019
Orang mungkin lebih sering mengganti package name adalah setelah sudah menjadi aplikasi dan di ubah menggunakan apk editor dan semacamnya. Tetapi pernah tidak, menggunakan source project orang lain entah download atau beli dan bingung bagaimana cara mengubah package name nya. Bagi yang masih pemula dan baru belajar android studio tentu hal ini sempat bikin pusing juga.


Hal ini biasanya dialami kalau kita mengunduh project orang lain, atau bisa juga project lama yang sudah jadi tetapi ingin mengubah atau rename ke package name baru.


Mengganti Package Name Di Android Studio


Apa Itu Package Name?

Package name merupakan nama unik pada sebuah aplikasi yang menunjukkan identitas aplikasi tersebut, atau bisa juga di anggap sebagai alamat aplikasi.

Seperti halnya sebuah situs pasti memiliki alamat url yang berbeda-beda. Ketika kita mencari aplikasi di Playstore menggunakan browser maka kita akan melihat alamat url.

Contohnya ketika kita membuka halaman WhatsApp di Playstore maka akan terlihat alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp, nah dari url tersebut package name WhatsApp adalah com.whatsapp.

Dalam menentukan package name tergantung para developer itu sendiri, dan biasanya struktur penamaannya ada 2 atau 3 atau bahkan lebih sub direktori nama.

com yang berfungsi seperti domain, jadi apabila ingin menggunakan domain Indonesia kita bisa mengganti com dengan id yang contohnya bisa menjadi id.namadeveloper.namaaplikasi

Cara Mengganti Package Name

1. Buka Android Studio dan import project yang ingin kalian ganti package name nya.
2. Kemudian klik tombol gerigi dan pilih atau centang Compact Empty Middle Package seperti pada gambar berikut ini

cara mengganti package name di android studio

3. Pada folder package yang ingin di rename klik kanan Refactor > Rename. Atau bisa juga tekan tombol shift + F6 pada keyboard.

cara mengganti package name di android studio


4. Ganti nama sesuai yang kalian inginkan, dan centang search in comments and strings dan Search for text occurrences kemudian klik Refactor

cara mengganti package name di android studio

5. Klik Do refactor



6. Biasanya setelah proses rename selesai akan muncul peringatan Sync, maka klik Sync now

cara mengganti package name di android studio


Lakukan hal yang sama seperti diatas apabila kamu ingin mengubah sub folder package name yang lain.

Penutup

Itulah langkah yang dilakukan untuk mengubah package name pada project di Android Studio.

Setelah semua proses rename package name selesai, cek pada build.gradle (app) dan pastikan aplicationId nya sudah sesuai dengan package name yang baru.
Share This Article :
dekjoko.com

TAMBAHKAN KOMENTAR

2054166084088412330