Cara Cek IMEI Untuk Semua Merk HP dan di Kemenperin - Dekjoko.com

Cara Cek IMEI Untuk Semua Merk HP dan di Kemenperin

Cara cek IMEI hp di kemenperin

Hey sobat, kabarnya Kementrian Perindustrian akan menerapkan aturan tentang Hp ilegal atau black market (BM) akan diblokir. Kabarnya lagi ini akan ditanda tangani pada 17 Agustus 2019, dan akan mulai diberlakukan sistem pemblokiran pada awal 2020 nanti dengan mengontrol IMEI di setiap smartphone yang ada.

Untuk itu, hal yang harus kita lakukan untuk berjaga-jaga adalah, cek IMEI di smartphone kamu kemudian cek juga di situs cek IMEI dari Kementrian Perindustrian yang nanti akan saya bahas di bawah.

Sebenarnya, IMEI itu apa sih?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan deretan kode unik di ponsel, dimana setiap ponsel memiliki kode yang berbeda-beda.

Apa yang akan terjadi ketika ternyata IMEI kita tidak termasuk smartphone tidak resmi atau BM? 


Kemungkinan yang terjadi adalah HP kita akan secara otomatis terblokir, seperti tidak bisa menerima sinyal dari operator, yang artinya tidak dapat menerima panggilan telepon, SMS, dan bahkan tidak bisa mengakses internet.


Cara Cek IMEI Hp Android Segala Merk


Untuk mengetahui informasi tentang IMEI dari ponsel Android ini bisa dengan banyak cara, jadi kalian bisa pilih pakai cara mana yang kalian anggap mudah, baik untuk merk Samsung, Oppo, Xiaomi, ASUS atau yang lainnya. Yuk langsung saja ke caranya.

1. Lewat Menu Dialer


Cara ini merupakan cara yang paling mudah. Langkahnya adalah dengan buka menu dial / phone di android kamu. Ketikkan kode *#06#, maka akan muncul pop up yang berisi 1 atau 2 baris nomor IMEI ponsel kamu. Apabila tidak keluar pop up IMEI, maka ketik *#06# klik call / panggil.

2. Melalui Setelan HP

Buka menu Setelan / Settings, kemudian pilih About / Tentang, dan selanjutnya klik Status. Di menu Status ini akan terlihat berapa IMEI pada hp android kalian.
About / Tentang
Status
IMEI
Di beberapa merk HP mungkin posisi menu-menunya akan berbeda, tetapi kemungkinan bedanya tidak jauh-jauh amat. Yang intinya biasanya ada di menu Status.


3. Cek di body HP

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah cek IMEI di bagian dalam HP. Biasanya akan tertempel stiker di bagian belakang bersebelahan atau di bawah baterai. Jadi kalian harus membuka casing belakang HP dan melepas baterai (Opsional) untuk dapat melihat IMEI kalian.

4. Dus HP
Cara terakhir yang saya bagikan adalah dengan mengecek pada dus / kotak HP kalian. Biasanya di sisi samping terdapat tempelan stiker yang berisi kode IMEI serta detail-detail HP kalian. Mungkin cara terakhir ini bisa tidak valid kan ya, khususnya yang beli HP second, kan kadang hanya asal dikasih dus HP lain juga tuh. hehehe

Itulah beberapa cara cek IMEI di HP android semua type dan merk. Setelah mengetahui IMEI Hp kalian, maka selanjutnya kita bisa cek apakah IMEI tersebut terdaftar di Kementrian Perindustrian atau tidak.


Cara Cek IMEI di Kemenperin


Untuk cek IMEI di situs Kementrian Perindustrian ini caranya adalah:


  • Apabila IMEI kalian terdaftar, maka akan muncul keterangan IMEI terdaftar di database Kemenperin

Itulah tips dari saya seputar cek IMEI di smartphone kalian dan cara cek di database Kemenperin untuk mengetahui apakah ponsel kalian terdaftar di Indonesia atau tidak. Sekian dari dekjoko.com, terimakasih
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek IMEI Untuk Semua Merk HP dan di Kemenperin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel